Thursday, January 4, 2018

Apa itu Analgesik istilah Kesehatan dan obat



                             daylytimes.ng
Analgesik apa sih Analgesik itu?. Mungkin tidak asing bagi jaman sekarang. Istilah kesehatan yang sering kita dengar , Tapi artinya sama sekali tidak tau apa itu Analgesik. Maklum saja istilah Kedokteran kesehatan sering terdengar setiap sakit. Sehabis beli obat dari Apotek atau pun dari warung warung di bungkus box ada banyak sekali istilah itu yang sering kita baca tapi tidak tahu arti nya. Tidak ada salah nya kan kita memahami satu, dua, atau lebih istilah Farmakologi "ilmu tentang obat" 




Analgesik Adalah:

Istilah Obat untuk Pereda rasa nyeri. Kerja Analgesik yaitu memblokir rasa nyeri system syaraf pusat. Rasa nyeri bisa di akibatkan tegang , kelelahan atau lainya. Saat Dokter memberikan obat yang mengandung Analgesik berarti untuk Meringan kan Rasa nyeri yang di derita pasien.


Analgesik Ada Dua Jenis:

Ya Analgesik sendiri mempunyai Dua jenis , yang membedakan adalah dari bahan pembuatan nya.

Jenis Pertama:
 Analgesik jenis Opioid "Dari Namanya serem ya" Analgesik yang pertama ini di buat dari bahan Opium "Getah dari bunga Poppy" Salah satu bahan yang di buat untuk NARKOTIKA. Analgesik opioid ini salah satu nya adalah Morfin. Memang betul Morfin Adalah Obat yang sangat manjur untuk Pereda rasa sakit sampai sekarang Masih di Gunakan di Kedokteran. Tapi Analgesik jenis Opioid ini mempunyai Efek Candu atau Ketagihan. Jadi penggunaan Analgesik jenis Opioid memang harus sesuai resep dari Dokter. Sangat berbahaya apa bila di salah gunakan. Analgesik jenis opioid ini di gunakan untuk rasa nyeri berat atau sakit yang luar biasa.

Efek samping dari Analgesik Opioid seperti mual muntah mengantuk dan juga Uforia perasaan senang bahkan bisa mengakibatkan gangguan mental serta kecanduan.

Ada banyak sekali Turunan Analgesik Opioid ini dan nama namanya pun tetap menggunakan istilah Farmalogi (Ilmu Pengetahuan Tentang obat),Kedokteran yang  Jarang di ketahui oleh khalayak umum. Tapi yang paling terkenal mungkin hampir semua orang sudah mengenal yang Namanya Morfin, Sebab Morfin salah satu Narkotik yang sering di beritakan di TV, Koran, Radio Nama Morfin jadi lebih di kenal secara umum. Tapi tidak ada salah nya kita sedikit mengetahui apa saja turunan Analgseik jenis Opioid selain Morfin.


  1. Buprenorfin
  2. Kodein
  3. Difenoksilat
  4. Dipipanon
  5. Diamorfin
  6. Dihidrokodein
  7. Metadon
Dan masih banyak lagi karena penelitian dan pembuatan jenis obat itu terus menerus dan akan menemukan nama dan jenis baru.




Analgesik Jenis Kedua:

Adalah Analgesik Non-opioid  yang di buat secara sintetis. seperti Parasetamol, yang sering kita dapat dari Dokter, Apotek atau obat dari warung yang mempunyai dosis berbeda beda.  Nah kalau Dokter memberikan obat atau resep yang benama Paracetamol itu adalah untuk mengurangi rasa nyeri yang kita derita. Tapi untuk rasa nyeri hati di putus pacar Tidak bisa menggunakan Paracetamol ya hehehe.

Analgesik jenis Non-opioid ini juga mempunyai banyak turunanya. Tapi yang sering saya dapat dari Dokter adalah Paracetamol , Aspirin. ibuprofen.

Efek samping dari parasetamol walaupun jarang terjadi.

1. Pembengkakan
2. Tekanan darah rendah
3. Kerusakan Hati dan Ginjal bila menggunakan dosis tinggi atau jangka panjang.

4. Mual sakit perut, Nafsu makan menurun
5. Air seni (kencing) gelap dan warna tinja gelap juga.

6. Menguning nya mata dan kulit.


Merek dagang parasetamol:
Biogesic, Cetapain, Eterfix, Farmadol, Fevrin, Ikacetamol, Kamolas, Moretic, Naprex, Nofebril, Ottopan, Pamol, Panadol, Pehamol, Praxion, Pyrexin, Pyridol, Sanmol, Sumagesic, Tamoliv, Tempra.





Istilah istilah Farmalogi memang sering kita lihat kita baca, walaupun tidak terdengar tidak asing tapi kurang mengenal nya.



Report artikel di sini

www.dienz.web.id. Powered by Blogger.

Search This Blog